Kurikulum Pendidikan
Kurikulum Pendidikan dan Pengajaran di Pondok Pesanren Modern Daarul Huda
Kurikulum KMI di PPM Daarul Huda merupakan kurikulum integrasi dan kombinasi KMI Gontor, Kemenag dan Kemendiknas. Inti pendidikan dan pengajaran adalah kurilum KMI Gontor yang dikolaborasikan dengan kurikulum Kemenag dan Kemendiknas. Adapun alasan KMI sebagai kurikulum inti pendidikan dan pengajaran merupakan hasil pemikiran dan ijtihad pendiri pondok yang menyimpulkan bahwa:
Cita-cita pengasuh pondok KH. Tatang Abdurrohman, yang menginginkan pola pendidikan ala Gontor sejak mondok di Darussalam Ciamis, dan penilaian pendiri terhadap pendidikan Gontor yang merupakan model pendidikan ideal.
Ittiba’ terhadap sistem KMI Gontor yang merupakan hasil "ijtihad" para pendiri Pondok Modern Gontor: K.H. Ahmad Sahal; K.H. Zainuddin Fannani; dan K.H. Imam Zarkasyi yang dilakukan sejak tahun 1926 dalam "modernisasi" pendidikan pesantren dan telah terbukti sukses.
Sistem KMI/TMI telah memenuhi Standar pendidikan Nasional yang ditetapkan dalam Peraturan Pemerintah No.19 Tahun 2005, dan dalam beberapa aspek memiliki kelebihan standar pendidikan pemerintah.
Bentuk khidmah terhadap cita-cita Gontor dalam mewujudkan 1000 Gontor.
Kurikulum kemenag dan kemdikbud di pesantren merupakan keikutsertaan pesantren terhadap pendidikan nasional dan legalitas SMP dan MA yang telah ada dalam tingkatan satuan pendidikan di pesantren.
Kurikulum pendidikan dan pengajaran Pesantren Modern Daarul Huda dilaksanakan secara terpadu dimana seluruh santri wajib mukim 24 jam berasrama dengan mengikuti seluruh rangkaian kegiatan pendidikan dan pengajaran yang sudah tersistem. Proses pendidikan yang tidak berapiliasi terhadap partai politik dan suatu organisasi sosial masyarakat manapun. Berpegang teguh pada konsep “Islam rahmatan lil-‘alamin” dan Falsafah “Daarul Huda berdiri di atas dan untuk semua golongan.” Paradigma tersebut diterapkan sebagai suatu ijtihad untuk memudahkan proses pendidikan dan pengajaran agar lebih ramah, komunikatif, efektif dan efisien dalam mendidik, mengasuh, membimbing dan mengevaluasi para santri/ah selama berasrama.
Adapun kurikulum pendidikan PPM Daarul Huda terdiri dari:
Keimanan,
Keislaman,
Akhlak Karimah,
Keilmuan,
Tahfidz Qur’an
Kewarganegaraan/kebangsaan,
Kesenian dan keindahan (estetika),
Kewiraswastaan
Keterampilan teknis,
Dakwah dan kemasyarakatan,
Kepemimpinan dan manajemen,
Keguruan,
Pendidikan kewanitaan (al-tarbiyyah al-nisaiyah),
Pendidikan Jasmani dan Kesehatan.
Aktifitas pendidikan dan pengajaran di pesantren berdasarkan isi kurikulum tersebut dibagi menjadi kegiatan intrakurikuler, kokulikuler, dan ektrakulikuler.
Intra-kurikuler, yaitu materi pelajaran pagi yang dimulai pada 07:15 sd 14:45. Atau dikenal dengan materi shobahi. Materi shobahi terdiri dari: a) 'Ulum Islamiyah,yaitu: Al-Qur'an, Tajwid, Tafsir, Tarjamah, Hadits, Musthalah Hadits, Jami al Shagir, Fiqih, Usul Fiqih, Faraidh, Tauhid, Al-Din al-Islamy (Tsaqofah Islamiyah),Muqaranat al-Adyan,Tarikh Islam,Ulum 'Arabiyah,Imla',Tamrin Lughah,Insya',Muthala`ah,Nahwu,Sharaf,Balaghah,Tarikh Adab al-Lughah,Mahfuzhat (Nushush 'Arobiyah),Al-Mu'jamdan khath arabi (kaligrafi). b) 'Ulum 'Ammah, yaitu:Bahasa Indonesia,Bahasa Inggris,Matematika,Fisika,Kimia,Biologi,Geografi,Sejarah,Kewarganegaraan/PKN,Sosiologi,Keguruan/Kependidikan (Tarbiyah Amaliyah)danmateri UN/UAM BN.
Ko-Kurikuler,materi pelajaran yangdilaksanakann di luar jam sekolah di bawah bimbingan guru-guru dan santri-santri senior. Seperti;
- Ibadah Amaliyah, seperti; Shalat berjama’ah lima waktu dan shalat-shalat sunnah, Puasa wajib dan puasa-puasa sunnah, Tilawah, Tahsin dan tahfidz Al-Qur'an, dzikir, ma’tsurat dan do'a.
- Ekstensif Learning, seperti; Pembinaan dan pengembangan 3 bahasa (Arab, Inggris, Indonesia), belajar muwajjah di malam hari, pengajian (turats) klasik (safinah, tijan darori, sullamuttaufiq, jurumiyah, kaelani, imrithi, jawahir kalamiyah, akhlak lilbanin, akhlak lilbanat, nihayatu zain, ta’lim muta’allim, jauhar maknun, uqudullujain dan kitab lainnya. Latihan muhadoroh dalam tiga bahasa, cerdas cermat, diskusi, seminar, simposium dan bedah buku (fathul kutub wa bahtsul Masail).
- Praktek dan Bimbingan, seperti; praktek adab dan sopan santun/etika, praktek mengajar/keguruan, praktek laboratorium IPA, praktek laboratorium Bahasa, praktek dakwah kemasyarakatan (Khidmah al Ijtimaiyyah), praktek manasik Haji, praktek pengurusan Jenazah, bimbingan dan penyuluhan, ekonomic study tour, penulisan karya ilmiah (paper) Arab dan Inggris, bimbingan halaqah tarbawiyah, pembekalan calon alumni dan penugasan alumni untuk mengajar dan mendidik (khidmah).
Ekstra Kurikuler, kegiatan di luar jam sekolah yang dikelola oleh pengurus organisasi santri, di bawah bimbingan guru dan santri senior. Kegiatan ekstrakulikuler di Pondok Pesantren Daarul Huda, antara lain meliputi:
- Latihan dan praktek berorganisasi (kepemimpinan dan manajemen).
- Kepramukaan; Pasga.
- Keterampilan; kursus Komputer, letter, menjahit, retorika, jurnalis, dan tata boga.
- Kesenian; Marawis, Rebana, Angklung.
- Olah raga; Sepak Bola, Basket, Badminton, Volli, Bela Diri; BKC dan Tapak Suci.
- Kewiraswastaan; Kantin, Koperasi Pelajar (DS).
- Bahasa; English and Arabic club.
- Kelompok-kelompok peminatan.